NEWS

6/recent/ticker-posts

INILAH DAFTAR PENCURIAN KRIPTO TERBESAR SEPANJANG SEJARAH

HDRCrypto - Dalam artikel ini kalian akan di suguhkan beberapa kasus pencurian kripto terbesar di dunia dan ini suah masuk dalam sejarah. Dengan booming nya nama cryptocurrency pada tahun kemarin menjadi salah satu kasus terbesar tentang peretasan baik itu di bursa kripto maupun di salah satu project kripto.

Karena dana ditempatkan secara digital (sebagian besar waktu), peretas merasa lebih mudah mencuri mata uang virtual dari pada uang tunai fisik. Juga, cryptocurrency yang disimpan dalam jumlah besar dapat ditransfer secara anonim, yang mengarah ke pencurian besar di industri crypto.

KASUS PENCURIAN KRIPTO TERBESAR


Mari kita lihat pencurian crypto terbesar sepanjang sejarah pada artikel ini. Juga, artikel ini akan menjelaskan mengapa pertukaran crypto terus diretas, mengapa pencurian kripto semakin besar dan apa yang bisa kita lakukan untuk melindungi diri dari pencurian kripto.

MATERI :

APA PENCURIAN KRIPTO TERBESAR SEPANJANG SEJARAH

  • MT GOX
  • BITFINEX
  • KUCOIN
  • BADGERDAO
  • BITMART
  • PENCAKE BUNNY
  • CREAM FINANCE
  • RONIN NETWORK (Axie Infinity)
CARA MENGHINDARI PENCURIAN ATAU PENIPUAN DI KRIPTO


APA PENCURIAN KRIPTO TERBESAR SEPANJANG SEJARAH ?

Ada beberapa kasus pencurian kripto terbesar yang pernah ada hingga tercatat sampai saat ini mungkin sudah ada beberapa perusaahan yang mengalammi pencurian tersebut akhir nya menadi bangkrut. inilah daftar kasus pencurian terbesar di kripto.


MT GOX

MT GOX menjadi perampokan mata uang kripto terbesar dalam sejarah, dengan lebih dari 850 ribu Bitcoin dicuri antara tahun 2011 dan 2014. MT Gox mengklaim bahwa kesalahan yang menyebabkan kerugian disebabkan oleh bug yang mendasari dalam Bitcoin, yang dikenal sebagai kelenturan transaksi.

Kelenturan transaksi adalah proses mengubah pengidentifikasi unik transaksi dengan mengubah tanda tangan digital yang digunakan untuk memproduksinya. Pada September 2011, ditemukan bahwa kunci pribadi MtGox telah disusupi, dan perusahaan tidak menggunakan teknik audit apa pun untuk menemukan pelanggaran tersebut.

Selain itu, karena MtGox menggunakan kembali alamat Bitcoin secara teratur, set kunci yang dicuri digunakan untuk mencuri simpanan baru secara konstan, dan pada pertengahan 2013, lebih dari 630 ribu BTC telah diambil dari bursa.

Anehnya, WizSec (sekelompok spesialis keamanan Bitcoin) mengklaim bahwa bukti pencurian yang sedang berlangsung dapat diperoleh dari transaksi blockchain untuk mendukung pernyataan ini.

Banyak perusahaan menggunakan dompet dingin dan panas untuk meminimalkan kerugian besar, seperti yang ditunjukkan oleh MT Gox.

Semua koin ditransmisikan ke dompet dingin bursa, yang secara manual ditransfer ke dompet panas jika diperlukan. Jika server pertukaran diretas, pencuri hanya dapat mencuri uang dari dompet panas, memungkinkan pertukaran untuk memutuskan berapa banyak koin yang siap dipertaruhkan.

BACA JUGA: DOMPET CRYPTO TERBAIK DAN PALING AMAN DI DUNIA


BITFINEX

Bitfinex mejadi salah satu pencurian terbesar dalam sejarah sehingga perusahaan tersebut mengalami kerugian sebesar 119.756 BTC. Bursa Bitfinex telah bekerja sama dengan BitGo untuk bertindak sebagai escrow pihak ketiga untuk penarikan pelanggan.

Bitfinex juga tampaknya telah memilih untuk tidak menggunakan dompet dingin untuk mendapatkan pengecualian undang-undang dari Undang-Undang Komoditas dan Pertukaran. Meskipun gagasan untuk menggunakan tanda tangan ambang batas menarik, itu tidak menjamin bahwa otoritas untuk mengotorisasi transaksi tersebar.


KUCOIN

KuCoin mengumumkan pada bulan September 2020 bahwa peretas telah memperoleh Private Key atau kunci pribadi ke dompet panas mereka sebelum menarik sejumlah besar Ethereum ( ETH) , BTC, Litecoin ( LTC ), Ripple ( XRP ), Stellar Lumens ( XLM ), Tron ( TRX ) dan Tether ( USDT ).

Lazarus Group, grup peretas Korea Utara, telah dituduh melakukan perampokan di bursa cryptocurrency KuCoin, yang mengakibatkan kerugian dana sebesar $275 juta. Namun, pertukaran itu mampu menutup sekitar $240 juta pembayaran untuk menggantikan asset penggunanya.


BADGERDAO

Seorang peretas berhasil mencuri aset dari beberapa dompet cryptocurrency di jaringan DeFi, BadgerDAO, pada Desember 2021. Insiden tersebut terkait dengan phishing ketika skrip berbahaya disuntikkan ke antarmuka pengguna situs web melalui Cloudflare.

Peretas mengeksploitasi kunci antarmuka pemrograman aplikasi (API) untuk mencuri dana $130 juta. Kunci API dibuat tanpa sepengetahuan atau izin insinyur Badger untuk menyuntikkan kode berbahaya ke sebagian kecil kliennya secara teratur. Namun, sekitar $9 juta telah dipulihkan karena peretas belum menarik dana dari brankas Badger.

BACA JUGA: DAFTAR EXCHANGE CRYPTO TERBAIK DI DUNIA PALING AMAN


BITMART

Bitmart mengalami pencurian pada bulan Desember 2021, peretasan hot wallet Bitmart mengakibatkan pencurian sekitar $200 juta. Pada awalnya, diperkirakan bahwa $100 juta telah dicuri melalui blockchain Ethereum, tetapi penelitian tambahan menemukan bahwa $96 juta lainnya telah dicuri melalui blockchain Binance Smart Chain.

Lebih dari 20 token diambil, termasuk altcoin seperti BSC-USD, Binance Coin ( BNB ), BNBBPay (BPay), dan Safemoon, serta sejumlah besar Moonshot (MOONSHOT), Floki Inu (FLOKI) dan BabyDoge (BabyDoge).


PENCAKE BUNNY

Pencake Bunny mengalami peretasa $200 juta dari platform, terjadi pada Mei 2021 dan merupakan salah satu kasus pencurian cryptocurrency yang lebih parah .

Peretas meminjamkan sejumlah besar Binance Coin ( BNB ) sebelum memanipulasi harganya dan menjualnya di pasar BUNNY/BNB milik PancakeBunny untuk melakukan serangan.

Pinjaman kilat harus dipinjam sebelum membayar jumlah sekaligus. Peretas memperoleh BUNNY dalam jumlah besar melalui pinjaman flash, kemudian membuang semua BUNNY di pasar untuk menurunkan harganya, dan kemudian membayar kembali BNB menggunakan PancakeSwap.

BACA JUGA : PERBEDAAN SAHAM DENGAN CRYPTOCURRENCY


CREAM FINANACE

Peretas mencuri $ 130 juta dalam insiden Oktober 2021 Cream Finance. Itu adalah perampokan cryptocurrency ketiga Cream Finance tahun ini di mana peretas mengambil $37 juta pada Februari 2021 dan $19 juta pada Agustus 2021.

Uang tersebut tampaknya diperoleh melalui pinjaman kilat dalam transaksi yang sangat rumit dengan biaya lebih dari 9 ETH dalam bentuk gas dan melibatkan 68 aset berbeda.

Peretas menggunakan DAI MakerDAO untuk menghasilkan sejumlah besar token yUSD sambil juga memanfaatkan perhitungan oracle harga yUSD.

Akibatnya, di jaringan Ethereum, mereka dapat mengambil semua token dan aset Cream Finance, dengan total $130 juta.


RONIN NETWORK (Axie Infinity)

Ronin Network merupakan jaringan cryptocurrency yang berfokus pada game, mengungkapkan pada 29 Maret 2022, bahwa jaringan itu telah diretas dan $620 juta yang mengejutkan telah hilang.

Menurut Etherscan, peretas menggunakan kunci pribadi yang diretas untuk menghasilkan penarikan palsu dari jembatan Ronin melalui dua transaksi. Penerbit game Axie Infinity yang populer, Sky Mavis, dan Axie DAO terpengaruh oleh eksploitasi pada node validator Ronin.

BACA JUGA : DAFTAR APLIKASI TRADING CRYPTO TERBAIK DI INDONESIA


CARA MENGHINDARI PENCURIAN ATAU PENIPUAN DI CRYPTOCURRENCY

Ada beberapa tips untuk menghindari pencurian maupun penipuan di dunia cryptocurrency yaitu :

  • Anda harus selalu memeriksa setiap klaim yang dibuat tentang investasi kripto, terutama jika klaim tersebut tampak terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Juga, jangan mempercayai pihak yang secara pribadi menghubungi Anda untuk investasi apa pun di BTC atau mata uang kripto lainnya.
  • aktifkan otentikasi dua faktor pada dompet cryptocurrency Anda dan tukarkan dan jangan pernah membagikan kunci pribadi atau frase benih dompet crypto Anda, dan simpan informasi itu secara offline di cold wallet.
  • Periksa URL situs web dua atau tiga kali dan lanjutkan hanya jika Anda puas dengan keaslian proyek kripto. Selain itu, tawaran apa pun yang memerlukan biaya di muka harus ditolak, berapa pun jumlahnya, terutama jika harganya harus dibayar dalam mata uang kripto.

Semua tindakan keamanan pertukaran Bitcoin telah proaktif, bermaksud untuk mencegah perampokan. Menurut diskusi di atas, langkah-langkah keamanan proaktif telah mengurangi dampak pencurian, tetapi sayangnya tidak dapat mencegah pencurian.

Pada dasarnya, karena sifat blockchain yang tidak dapat diubah, hanya ada sedikit pertukaran yang dapat dilakukan untuk menghentikan perampokan setelah kunci pribadi yang sesuai telah dicuri.

Salah satu cara terbaik untuk melindungi investasi kripto Anda adalah dengan mengamankan dompet dan melakukan riset Anda sendiri tentang proyek-proyek di pasar.


BACA JUGA :

Posting Komentar

0 Komentar