NEWS

6/recent/ticker-posts

PERBEDAAN SAHAM DENGAN CRYPTO YANG WAJIB KAMU KETAHUI - ASSET DIGITAL

SAHAM DAN CRYPTO Saat ini menjadi perbincangan yang hangat di karnkan kedua nya memiliki ke unikan tersendiri dalam dunia investasi. Sebelum kamu memutuskan untuk belajar dan masuk ke dunia crypto dan saham alagkah baiknya kamu waib mengenal terlebih dahulu apa perbedaan Saham dengan cryptocurrency.

MATERI:

APA ITU SAHAM
APA ITU CRYPTO
APA PERBEDAAN SAHAM DENGAN CRYPTOCURRENCY
  • Jenis Asset
  • Platform Perdaganan
  • Biaya Transaksi
  • Voltalitas
  • Satuan Transakasi
  • Time Trading
  • Foundamental


APA ITU SAHAM?

SAHAM

Saham merupakan bagian dari instrumen investasi. Saham adalah bukti dari kepemilikan terhadap nilai perusahaan atau bukti penyertaan modal. Sebagai bukti kepemilikan sah dalam bisnis, investor akan mendapatkan dividen yang mana akan disesuaikan dengan jumlah saham yang dimilikinya.
Harga saham akan bergerak saat investor menilai keberhasilan perusahaan di masa depan. Mungkin saja investor akan merasa optimis ketika baru saja membeli saham, namun tetap saja harga saham pada akhirnya akan bergantung pada kemampuan perusahaan untuk mengembangkan keuntungannya dalam jangka panjang.

APA ITU CRYPTO?

CRYPTO

Cryptocurrency adalah mata uang digital atau virtual yang dijamin dengan kriptografi, yang membuatnya hampir tidak mungkin untuk dipalsukan atau digandakan. Banyak cryptocurrency adalah jaringan terdesentralisasi berdasarkan teknologi blockchain (buku besar terdistribusi yang diberlakukan oleh jaringan komputer yang berbeda).
Ciri khas dari cryptocurrency adalah bahwa mereka umumnya tidak dikeluarkan oleh otoritas pusat, membuat mereka secara teoritis kebal terhadap campur tangan atau manipulasi pemerintah. Crypto sendiri "mengacu pada berbagai algoritma enkripsi dan teknik kriptografi yang melindungi entri ini, seperti enkripsi kurva elips, public-private key pairs, dan fungsi hashing.


APA PERBEDAAN SAHAM DENGAN CRYPTO?

Setelah kalian memahami kedua pejelasan di atas sekarang kalian wajib mengetahui beberapa perbedaan Saham Dengan Crypto.

Jenis Asset Keduanya

Jenis asset dari keduanya ini cukup berbeda contoh nya ketika kamu membeli saham suatu perusahaan melalui bursa efek, saham yang kamu miliki pada dasarnya mewakili presentase kepemilikanmu terhadap perusahaan tersebut. Seberapa baik kinerja perusahaan akan menentukan nilai saham yang kamu miliki. Perusahaan yang sudah go public dapat menerbitkan saham kapan saja untuk mengumpulkan modal yang dibutuhkan untuk mengembangkan usahanya.
Sementara itu, ketika kamu membeli aset kripto, baik itu koin atau token, aset yang kamu miliki tidak selalu mewakili kepemilikan sebagian dari perusahaan atau proyek yang mengeluarkannya.

Coin dan token Crypto juga memiliki fungsi yang berbeda-beda. Coin adalah aset asli suatu blockchain yang biasanya digunakan sebagai medium pembayaran. Sementara token memiliki banyak sekali klasifikasi, mulai dari utility token yang berfungsi untuk memberikan akses ke servis protokol tertentu, hingga governance token yang digunakan untuk menandakan dukungan untuk perubahan yang diusulkan terhadap suatu protokol.


Platform Perdangan Dari Keduanya

Tentu saja platform dari perdagangan kedua nya ini akan sangat berbeda untuk saham dengan crypto. Jika kalian berdagan di saham kalian akan menjadi nasabah sekuritas di sebuah perusahaan tersebut.
Sedangkan di asset crypto kalian bisa mejadi tradder yang mandiri tanpa regulasi khusus dari perusahaan tersebut. Dan kalian juga trading di exchange crypto seperti Binance, Tokocrypto, Pintu dan platform exchange crypto lainnya.

Biaya Transaksi

Biaya untuk melakukan jual beli saham di bursa relatif cukup tinggi. Pialang saham membebankan biaya atau komisi, bank menagih investor saat melakukan pembayaran dan keuntungan modal dikenakan pajak.
Sedangkan di bursa aset crypto, biaya relatif lebih rendah. Biaya bertransaksi di blockchain relatif kecil, karena hanya untuk membayar gas fee atau bayaran untuk miner yang melakukan validasi terhadap transaksi pengguna kripto. Biaya exchange pun relatif lebih rendah dibandingkan bursa saham.

Volatalitas

Ini mejadi perbedaan terbesar antara saham dengan crypto. Saham, terutama di Indonesia, memiliki mekanisme pembatasan volatilitas saat pasar tidak terkendali seperti lewat auto rejection atas dan bawah sampai trading halt, yakni penghentian sementara perdagangan. Artinya, volatilitas bisa lebih terjaga jika ada penurunan atau kenaikan drastis.
Sedangkan asset crypto tidak memiliki pengendalilan volatilitas tersebut. Jadi, harga aset crypto bakal bergerak sesuai dengan supply and demand. Hal itu yang membuat aset crypto bisa naik tinggi atau turun drastis.

Satuan Transaksi

Satuan transaksi juga menjadi pembeda yang cukup besar antara saham dengan crypto. Jika saham khususnya di indonesia trader saham harus membeli minimal 1 Lot ataupn 100 Lot per transaksi dengan harga yang sudah di tentukan oleh perusahaan tersebut.
Sedangkan Di crypto kalian bisa membeli semua asset digital yang ada di cryptocurrency dengan satuan kecil maupun besar meskipun harga bitcoin dan ethereum sampe ratusan juta kalian bisa membeli dengan modal yang kecil.

Waktu Trading (TIME)

Pasar saham hanya bekerja penuh waktu Senin sampai Jumat. Sedangkan pasar crypto beroperasi 24 jam sehari dan 365 hari dalam setahun. Kamu bisa melihat harga cryptocurrency berubah bahkan saat jam menunjukkan tengah malam pada malam tahun baru.

Foundamental

Foundamental menjadi sangat penting buat semua instrumen investasi di karnakan dari segi aspek foundamental keduanya juga kurang lebih sama cara kita menganalisa nya dan tergantung bagaimana pola kita memandang asset crypto dan saham.
Saat baru memasuki dunia Crypto, kamu pasti sering mendengar pertanyaan seputar aspek fundamental yang dapat diukur sebelum mulai investasi atau trading aset kripto. Akan tetapi, analisis fundamental pada aset kripto sangat berbeda dibanding saham.

Analisis fundamental pada bursa saham melibatkan data apa pun yang diharapkan berdampak pada harga atau nilai dari suatu saham. Hal ini mulai dari arus kas, return of asset atau indikator yang mengukur kemampuan perusahaan dalam pemanfaatan aset untuk hasilkan keuntungan, dan juga gearing ratio yang digunakan untuk mengukur sejauh mana perusahaan mendanai operasionalnya dengan modal pinjaman.
Berbeda dengan saham, analisis fundamental pada aset kripto dilakukan dengan mempertimbangkan aspek-aspek seperti dasar kegunaan aset kripto tersebut, berapa banyak orang yang menggunakannya dan juga tim di balik pembuatan aset tersebut


BACA JUGA:

Posting Komentar

0 Komentar