NEWS

6/recent/ticker-posts

MENGENAL APA ITU ETHEREUM, SEJARAH DAN CARA KERJA ETHEREUM

HDRCrypto - Ethereum dibuat untuk membantu merancang jaringan komputer di seluruh dunia yang dikenal sebagai jaringan Ethereum. Tujuan dari proyek ini adalah untuk mengembangkan platform yang mudah digunakan untuk membuat dan menjalankan aplikasi terdesentralisasi.

Dengan kata lain, pengguna dapat mengembangkan aplikasi yang dapat diakses melalui internet tanpa memerlukan server pihak ketiga untuk menghostingnya.

Untuk memfasilitasi ini, Ethereum menggunakan bahasa pemrograman lengkap ini memungkinkan pengguna untuk membuat aplikasi yang berfungsi tanpa perlu menjadi ahli dalam pemrograman komputer.

MATERI :

  • APA ITU ETHEREUM
  • SEJARAH ETHEREUM
  • CARA KERJA ETHEREUM
  • PENAMBANG ETHEREUM
  • MASA DEPAN ETHEREUM


 

APA ITU ETHEREUM ?

Ethereum merupakan jaringan blockchain terdesentralisasi yang didukung oleh token Ether yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi, menambang dan mendapatkan bunga atas kepemilikan mereka melalui staking.

APA ITU ETHEREUM


Dapat digunakan juga untuk menyimpan token nonfungible (NFT)  dalam jaaringan ethereum, memperdagangkan cryptocurrency, bermain game, menggunakan media sosial dan masih banyak lagi.

Selain digunakan untuk aplikasi terdesentralisasi, ether juga berfungsi sebagai bahan bakar untuk mesin virtual Ethereum di mana penambang mendapatkan eter untuk membayar biaya transaksi menggunakan perangkat keras khusus.Ethereum adalah platform cryptocurrency dan pemrograman berbasis blockchain open source. Ini juga dikenal sebagai cryptocurrency paling populer kedua setelah bitcoin.

BACA JUGA : APA ITU BITCOIN DAN BAGAIMANA CARA KERJA BITCON


SEJARAH ETHEREUM

Ethereum dibuat oleh Vitalik Buterin pada tahun 2013 dan didukung oleh komunitas besar pengembang dan penggemar. Ini adalah bentuk mata uang virtual yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi online tanpa bank atau perantara lainnya.

Seiring waktu, pengembang datang ke Ethereum dengan ide-ide terdesentralisasi mereka sendiri. Pada tahun 2016, para pengguna ini mendirikan The DAO, sebuah grup demokratis yang memberikan suara pada perubahan dan proposal jaringan.

Organisasi ini didukung oleh kontrak cerdas dan menghindari kebutuhan akan CEO yang menggembar-gemborkan kekuasaan atas Ethereum. Sebaliknya, mayoritas perlu memilih perubahan agar mereka dapat diterapkan.


BACA JUGA : APA ITU BLOCKCHAIN DAN BAGAIMANA CARA KERJANYA


Transaksi dapat dilakukan melalui teknologi blockchain, yang difasilitasi oleh unit mata uangnya sendiri yang disebut ether. Ethereum adalah jenis mata uang kripto, yang berarti digunakan sebagai mode pembayaran di jaringan blockchain alih-alih mata uang berdaulat seperti dolar AS atau Euro.

Selain itu, Ether memiliki blockchain sendiri ini memungkinkannya untuk digunakan secara independen dari cryptocurrency lain di internet karena menyediakan sistem pembayaran internal yang menghubungkan semua node di jaringannya bersama-sama.

Karena memungkinkan pengguna mengakses kontrak pintar dan aplikasi terdesentralisasi tanpa bergantung pada pihak ketiga atau server, Ethereum memiliki potensi besar di seluruh dunia dan telah diadopsi oleh perusahaan besar seperti Microsoft Azure dan IBM Watson Group.

BACA JUGA : DOMPET CRYPTO TERBAIK DAN VERSI TERBARU


CARA KERJA ETHEREUM

Cara kerja ethereum ini juga cukup unik karna jaringan Ethereum ada di ribuan komputer di seluruh dunia, berkat pengguna yang berpartisipasi sebagai “node”, bukan sebagai server terpusat. Hal ini membuat jaringan terdesentralisasi dan sangat kebal terhadap serangan, dan akibatnya tidak dapat dimatikan. Jika satu komputer mati, itu tidak masalah karena ribuan lainnya menahan jaringan.

Ethereum pada dasarnya adalah sistem terdesentralisasi tunggal yang menjalankan komputer yang disebut Ethereum Virtual Machine (EVM). Setiap node menyimpan salinan komputer itu, artinya setiap interaksi harus diverifikasi sehingga setiap orang dapat memperbarui salinannya.

Jika penambang dibayar untuk pekerjaannya, dari mana ETH itu berasal? Setiap transaksi disertai dengan biaya, yang disebut “gas”, yang dibayarkan oleh pengguna yang memulai transaksi tersebut.

Biaya itu dibayarkan kepada penambang yang memvalidasi transaksi, memberi insentif pada penambangan di masa depan dan memastikan keamanan jaringan. Gas pada dasarnya berfungsi sebagai batas, membatasi jumlah tindakan yang dapat dilakukan pengguna per transaksi. Ini juga berlaku untuk mencegah spam jaringan.

Karena ETH lebih merupakan token utilitas daripada token nilai, pasokannya tidak terbatas. Ether secara konsisten memasuki sirkulasi dalam bentuk hadiah penambang, dan itu akan dengan hadiah taruhan juga setelah jaringan pindah ke proof-of-stake (PoS). Secara teori, Eter akan selalu diminati, artinya inflasi tidak boleh mendevaluasi aset setelah digunakan.

BACA JUGA : PLATFORM EXCHANGE TERBESAR DI DUNIA


MINERS ETHEREUM (PENAMBANG ETHEREUM)

Penambang Ethereum merupakan komputer yang menjalankan perangkat lunak dan menggunakan waktu dan kekuatan pemrosesan mereka untuk memproses transaksi dan membuat blok.

Penambang jaringan harus memastikan bahwa semua orang setuju untuk mengurutkan transaksi dalam sistem terdesentralisasi seperti Ethereum.

Penambang membantu dalam hal ini dengan membuat blok dengan memecahkan teka-teki yang menantang secara komputasi, sehingga melindungi jaringan dari penyerang.

Semua transaksi di jaringan Ethereum memerlukan eter sebagai bentuk pembayaran, yang mengarah ke nilainya yang tinggi dibandingkan dengan mata uang lain seperti bitcoin dan pound sterling.

Meskipun ada beberapa kritik tentang masalah keamanan dan skalabilitas yang terkait dengan Ethereum dibandingkan dengan cryptocurrency lainnya, pengembang terus berupaya meningkatkan fungsinya melalui beberapa pembaruan dan aplikasi baru yang dibangun di atas jaringannya.

BACA JUGA :


MASA DEPAN ETHEREUM

Buat pecinta cryptocurrency blockchain ethereum mungkin salah satu asset yang cocok untuk kita hold atau investasikan saat ini karna blockchain Ethereum telah mengalami lonjakan popularitas yang sangat cepat dalam beberapa tahun terakhir, karena pengembang telah menggunakannya untuk membangun banyak proyek keuangan terdesentralisasi dan NFT.

Munculnya aplikasi baru seperti ini Dapps di antara yang pertama berjalan di blockchain publik telah memicu efek jaringan yang luar biasa, menurut para pendukung, karena peningkatan aktivitas menarik semakin banyak pengembang ke Ethereum.


TAGS :

  • #apa itu ethereum coin
  • #apa itu ethereum classic
  • #apa itu eth coin
  • #apa itu ethereum
  • #apa itu ethereum address
  • #apa itu ethereum wallet

Posting Komentar

0 Komentar